BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Aplikasi
Internet yang tersedia saat ini sudah banyak dan terus bertambah seiring
dengan kemajuan teknologi infomasi. Aplikasi-aplikasi internet ini
kemudian digunakan dalam berbagai bidang seperti bidang akademis, militer,
medis, media massa, dan berbagai sektor industri lainnya. Dari sekian banyak
aplikasi internet yang ada, yang banyak dikenal dan digunakan antara
lain: Word Wide Web (www), Electronik mail, Mailing List (milis),
Newsgroup, Internet Relay Chat (IRC), File Transfer Protocol (FTP),
Telnet, Gopher, dan Ping.
1.2 Rumusan Masalah
·
Mengetahui tentang berbagai layanan aplikasi
seperti :
a.
World Wide Web (WWW)
b.
Electronic Mail (E-mail)
c.
Search Engine
d.
Chatting
e.
Netiquette
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 World Wide Web (WWW)
World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW
adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam
untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara
keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.[1]
WWW merupakan
kumpulan peladen
web dari seluruh dunia
yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi
untuk dapat digunakan bersama.[2]
WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet.[3]
Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya
berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi. [3]
Kegunaan ini tergolong masih baru
dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan
kumpulan dokumen
yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia
yang terhubung menjadi satu
melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat
dengan format HTML (Hypertext
Markup Language).Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain.Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia.
Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengeklik pranala (hipertaut), maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.
2.2 Email
Electronic mail
(e-mail) merupakan salah satu layanan yang tersedia di internet. Layanan ini
digunakan untuk saling korespondensi antar teman, relasi, lembaga dan lain
sebagainya. Dengan Email data dikirim secara elektronik sehingga sampai di
tujuan dengan sangat cepat. Juga kita dapat mengirim file-file berupa program,
gambar, graphik dan lain sebagainya. Kita juga dapat mengirim ke lebih dari
satu orang sekaligus pada saat bersamaan.
Konsep E-mail adalah seperti kita mengirim surat dengan pos biasa, dimana kita mengirimkan ke kantor pos dengan dibubuhi alamat yang kita tuju. Dari Kantor Pos tersebut akan disampaikan ke Kantor Pos yang terdekat dengan alamat yang dituju dan akhirnya sampai ke alamat tersebut. Dan si penerima hanya membuka kotak pos-nya saja yang ada didepan rumah. Disini si Pengirim tidak tahu apakah si orang yang dituju tersebut sudah menerima surat tersebut, sampai surat itu dibalas.
Setiap pengguna layanan email dapat memiliki alamat E-mail dengan dua cara, yaitu menggunakan :
• web mail, yaitu E-mail yang dapat diperoleh dengan mendaftarkan diri pada site-site yang menyediakan E-mail space pada servernya baik yang gratis atau berbayar seperti : hotmail, yahoo mail, mailcity, usanetmail, cmpnetmail, dan lain-lain.
• POP mail, yaitu E-mail yang dapat diperoleh bila kita mendaftarkan diri pada mail server tertentu (biasanya dengan beberapa syarat tertentu), misalnya milik ISP dimana anda terkoneksi atau milik instansi dimana anda sedang bekerja. Browser untuk POP mail biasanya menggunakan browser tersendiri seperti Netscape Messenger atau Microsoft Internet Mail.
* Alamat Email
Alamat diperlukan dalam proses pengiriman
email. Sistem pengalamatan pada email menggunakan format identitas dan domain
yang digabung menggunakan karakter @ (at,dibaca et), seperti
namasaya@domain.or.idKonsep E-mail adalah seperti kita mengirim surat dengan pos biasa, dimana kita mengirimkan ke kantor pos dengan dibubuhi alamat yang kita tuju. Dari Kantor Pos tersebut akan disampaikan ke Kantor Pos yang terdekat dengan alamat yang dituju dan akhirnya sampai ke alamat tersebut. Dan si penerima hanya membuka kotak pos-nya saja yang ada didepan rumah. Disini si Pengirim tidak tahu apakah si orang yang dituju tersebut sudah menerima surat tersebut, sampai surat itu dibalas.
Setiap pengguna layanan email dapat memiliki alamat E-mail dengan dua cara, yaitu menggunakan :
• web mail, yaitu E-mail yang dapat diperoleh dengan mendaftarkan diri pada site-site yang menyediakan E-mail space pada servernya baik yang gratis atau berbayar seperti : hotmail, yahoo mail, mailcity, usanetmail, cmpnetmail, dan lain-lain.
• POP mail, yaitu E-mail yang dapat diperoleh bila kita mendaftarkan diri pada mail server tertentu (biasanya dengan beberapa syarat tertentu), misalnya milik ISP dimana anda terkoneksi atau milik instansi dimana anda sedang bekerja. Browser untuk POP mail biasanya menggunakan browser tersendiri seperti Netscape Messenger atau Microsoft Internet Mail.
* Alamat Email
Pengiriman email dilakukan oleh protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan protokol di jaringan TCP/IP yang mengatur bagaimana email berpindah di antara host dan pemakai. Email disampaikan kepada penerima yang dituju. Sementara penerimaan email dilakukan oleh beberapa protokol yaitu POP (Post Office Protocol) dan IMAP (Internet Message Access Protocol). Protokol POP dipakai untuk mengambil email yang tersimpan pada mailbox untuk kemudian dibaca dengan menggunakan aplikasi email. IMAP memiliki fungsi yang sama dengan POP, hanya IMAP memiliki fitur yang lebih banyak daripada POP.
2.3 Search Engine
Search
engine adalah program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang
tersedia didalam dunia maya. web search engine mengumpulkan informasi yang
tersedia secara otomatis. untuk sekarag ini sebuah search engine sudah mulai di
kembangkan untuk lebih memudahkan bagi kita dalam menggunakan search engine
tersebut. hasil dari pecarian data biasanya di urutkan berdasarkan tingkat
akurasi dan popularitas di search engine tersebut. beberapa search engine
biasanya mengumpulkan informasi atau data yang di cari di dalam sebuah
basisdata. atau direktori web.
dengan search engine tersebut kita dapat mencari berbagai informasi yang kita inginkan dari seluruh dunia, jadi dengan adanya search engine ini sangat memudahkan bagi kita untuk mencari data.
Fungsi dan manfaat search engine
search engine mempunyai bebrapa fungsi dan manfaat yang berguna bagi kita yang suka browsing anta lain adalah:
dengan search engine tersebut kita dapat mencari berbagai informasi yang kita inginkan dari seluruh dunia, jadi dengan adanya search engine ini sangat memudahkan bagi kita untuk mencari data.
Fungsi dan manfaat search engine
search engine mempunyai bebrapa fungsi dan manfaat yang berguna bagi kita yang suka browsing anta lain adalah:
- mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Menurut survei hampir 90% pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari lokasi tertentu di internet. dan di antara mesin pencari yang ada, google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan.
- Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari.
- Sebuah informasi yang mudah di akses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri.
- Memudahkan Masyarakat dalam mencari informasi di internet.
contoh search engine
yang sangat populer untuk saat ini, untuk saat ini sudah sangat banyak
perusahaan - perusahaan yang mengembangkan teknologi search engine ini, dan
diantaranya adalah:
2.4 Chatting
1. Pengertian Chatting
Chatting
adalah suatu program untuk para
pengguna internet dimana saja berada agar bisa mengenal satu sama lain walaupun
dia berada jauh dari kita.Dengan Chatting kita juga bisa melihat wajah orang
yang baru kita kenal tersebut jika di komputer kita ada satu alat yang disebut
WEBCAM.
Chating dalam Bahasa Indonesia berarti
ngobrol/bercakap-cakap, dan di internet dengan chating kita bisa mengobrol
dengan teman, keluarga/saudara atau mungkin mencari teman baru yang berada di
seluruh dunia. Tinggal anda ingin ikut di ruang yang mana biasanya janjian atau
mencari teman baru.
2.
Aplikasi Chatting
- .Real time. Aplikasi chatting dijelaskan sebagai suatu aplikasi yang memungkinkan pengguna berkomunikasi tekstual secara langsung (live/real time) dengan pengguna lain.
- Nickname.Pengguna harus memasukkan nickname (tanpa password) sebagai identifikasi unik dalam sistem. Nickname tersebut berlaku dan dikenali oleh sistem selama masa sesi pengaksesan berlangsung, hingga pengguna “keluar” dari ruang chatting atau browser ditutup.
- Public room. Komunikasi berlangsung dalam sebuah ruang chatting virtual (public room) yang berisi banyak orang. Ketika masuk, pengguna langsung tergabung ke dalam public room di mana di ruang tersebut pesan dari seorang pengguna dapat dibaca oleh semua pengguna yang lain.
- Send message. Pengguna dapat mengetikkan teks percakapan pada suatu area pengetikan pesan, dan menekan sebuah tombol (atau Enter) untuk mengirimkan teks tersebut. Teks pesan percakapan dari semua pengguna ditampilkan pada suatu area tampilan percakapan, terurut berdasarkan waktu diterimanya pesan tersebut oleh server.
3.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat chatting adalah :
- Hindari menggunakan kata-kata yang kasar dan tidak sopan, upayakan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Apabila hal tersebut dilanggar akan menyebabkan dikeluarkannya kita dari channel oleh operator.
- Jangan menggunakan warna font yang mencolok yang akan menimbulkan penafsiran yang berbeda.
- Hindari menggunakan huruf besar karena huruf besar dapat diartikan bahwa kita sedang berteriak-teriak.
- Tolak dengan sopan apaibila teman chatting mengajak berbicara dengan topik yang tidak kita suka.
- Hidari permusuhan dan pertengkaran dengan teman chatting.
2.5 Netiquette
Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet.
Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi
acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut
batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Pada dasarnya netiquette merupakan panduan
untuk bersikap dan berperilaku atau aturan sesuai dengan kaidah normatif di
lingkungan Internet. Dengan mematuhi peraturan ini, maka akan sangat bermanfaat
dan membantu Anda dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain tanpa
harus mengalami masalah atau tanpa harus mengalami salah pengertian dengan
orang lain.
Beberapa
aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan
semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan
memasang anti virus atau personal firewall.
2. Jangan terlalu mudah percaya dengan
Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda.
3. Anda harus betul-betul yakin bahwa alamat
URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
Dan
yang paling utama adalah menghargai pengguna lain diinternet dengan cara:
* Jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan,
misalnya plagiat.
* Jangan berusaha untuk mengambil
keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit.
*
Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi
yang ebenarnya terbatas.
a. Flaming
Flaming adalah tindakan provokasi, mengejek, ataupun penghinaan yang
menyinggung user lainnya atau Flaming berarti memanas-manasi keadaan
suatu tempat sehingga terjadi perdebatan.
Flaming adalah tindakan provokasi, mengejek, ataupun penghinaan yang
menyinggung user lainnya atau Flaming berarti memanas-manasi keadaan
suatu tempat sehingga terjadi perdebatan.
b.
Trilling
Trolling
diartikan sebagai kegiatan memposting tulisan atau pesan menghasut dan
seringkali tidak relevan dengan topik yang dibicarakan di komunitas online
seperti forum, chatting, blog, atau juga social network. Tujuan dari trolling
ini adalah memprovokasi dan memancing emosi para pengguna internet lainnya.
Dalam dunia internet, pelaku trolling ini disebut troller.
c.
Junking
Junk
adalah kata kata yang tidak berguna untuk di post seperti comment comment yang
tidak penting. Junking ini juga biasanya terjadi pada email yang sering disebut
junk mail. Kita mendapat email yang tidak penting seperti iklan iklan atau
produk apapun yang sebenarnya belum kita ikuti.
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web
http://istanateknologi.blogspot.com/2013/03/pengertian-dan-fungsi-search-engine.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar